Friday, March 7, 2014

Cara Meringankan Mual di Pagi Hari Bagi Ibu Hamil

Celoteh Bayi - Bagi anda kaum hawa yang sudah menikah, pasti akan mengalami ini. Tanda- tanda yang sering kali terjadi saat kehadiran janin adalah mual dan muntah.  Bahkan tidak semua ibu mengalami mual menjelang kehamilan muda. Tapi sebagian besar wanita akan mengalami kejadian ini terutama di pagi hari.
 
Seringkali tanda kehamilan yang sangat mencolok pada ibu hamil pada usia kehamilan muda adalah ditandai dengan mual dan muntah. Pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah akan mengganggu kecukupun nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Pada penelitian yang dilakukan 8 dari 10 ibu hamil sering kali mengalami mual dan muntah pada awal kehamilan. Rasa mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil dikarenakan kadar hormon estrogen yang meningkat. Adapula faktor yang seringkali menjadi penyebab terjadinya peningkatan hormon estrogen yaitu adalah perubahan secara metabolis, psikolog atau kehamilan kembar.

Bagi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah seringkali menyebabkan malas makan sehingga nutrisi tidak bisa terpenuhi. Meskipun mual dan muntah tidak membahayakan janin akan tetapi seringkali mengganggu dan membuat ibu hamil tidak nyaman. Mual mual pada ibu hamil dapat terjadi ketika sedang mengunyah makanan, bahkan ketika sedang mencium makanan. Kebanyakan ibu hamil mengalami mual dan muntah di pagi hari.
Berikut adalah cara alami meringankan mual di pagi hari bagi ibu hamil :
1. Konsumsi Makanan Karbohidrat
Konsumsi biskuit di pagi hari dapat mengurangi rasa mual. Anda dapat mengkonsumsinya makanan kering yang mengandung karbohidrat seperti biskuit sebelum turun di tempat tidur. Pilihan yang dapat anda konsumsi yaitu biskuit, kerupuk, sereal atau roti panggang.

2. Air Putih Hangat (Lemon)
Pilihan air putih panas yang dicampur dengan lemon dapat mengurangi rasa mual di pagi hari. Campurkan ke dalam makanan sehingga tidak terlalu asam dan mengakibatkan bermasalah dengan lambung anda. Tidak semua ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang sama ada baiknya anda mengkonsumsi makanan terlebih dahulu.

3. Tenangkan Pikiran
Menenangkan diri anda sebelum mengkonsumsi menu sarapan anda. Mencium masakan bagi ibu hamil dapat memicu mual dan muntah. Dalam mengatasinya anda dapat sejenak menenangkan diri atau mengkonsumsi makanan seperti yogurt, sereal atau puding.

4. Mengindari Makanan Berlemak
Terakhir bagi anda yang menginginkan terhindar dari mual dan muntah di waktu pagi ketika sedang hamil ada baiknya menghindari makanan yang berlemak seperti goreng-gorengan atau makanan yang pedas. Perbanyak mengkonsumsi cemilan yang sehat dari bahan bahan sayur dan buah.Perhatikan pula cara memasak beberapa bahan makanan termasuk sumber protein hewani, daging, telur atau ayam yang anda masak harus benar benar matang sehingga menghindari rasa mual bagi ibu hamil. 

Itulah cara mudah dan alami yang dapat anda lakukan untuk menghindari mual dan muntah di pagi hari bagi ibu hamil di trimester pertama. Sebenarnya cukup mudah untuk dapat anda lakukan akan tetapi yang sulit justru untuk anda mencoba dan mengalahkan rasa mual. Perlu anda ketahui bahwa mual dan muntah yang semakin parah sehingga menyebabkan ibu hamil tidak dapat mengkonsumsi makanan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

No comments:

Post a Comment